Slider

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI

Berikut adalah sepuluh pengertian tentang manajemen keuangan menurut beberapa ahli terkemuka:

  1. Eugene F. Brigham dan Michael C. Ehrhardt: Menurut kedua ahli ini, manajemen keuangan adalah seni dan ilmu tentang pengelolaan uang. Ini melibatkan pengambilan keputusan terkait dengan investasi dan pembiayaan serta melibatkan penilaian risiko dan pengembalian.

  2. James C. Van Horne: Van Horne mendefinisikan manajemen keuangan sebagai alat untuk meningkatkan kekayaan pemegang saham. Ia menekankan pentingnya maksimisasi nilai perusahaan melalui pengambilan keputusan finansial yang cerdas.

  3. Arthur J. Keown, John D. Martin, dan John W. Petty: Menurut penulis buku teks ini, manajemen keuangan mencakup pengambilan keputusan mengenai investasi, pembiayaan, dan dividen. Mereka menekankan pentingnya tujuan perusahaan dalam konteks pengambilan keputusan ini.

  4. Pandey I. M.: Menurut Pandey, manajemen keuangan adalah suatu fungsi integral dari manajemen yang menghubungkan semua bagian dari organisasi. Ini melibatkan perencanaan keuangan, alokasi sumber daya, dan kontrol terhadap keuangan perusahaan.

  5. Gitman Lawrence J.: Gitman mendefinisikan manajemen keuangan sebagai studi tentang bagaimana entitas mengelola uangnya dan sumber daya keuangan lainnya. Ini melibatkan analisis risiko dan pengambilan keputusan terkait investasi dan pendanaan.

  6. Horne, James C. dan Wachowicz Jr., John M.: Horne dan Wachowicz menjelaskan manajemen keuangan sebagai suatu kegiatan yang melibatkan pengelolaan dan kontrol atas sumber daya finansial organisasi. Ini mencakup perencanaan, analisis, dan pengambilan keputusan terkait keuangan.

  7. Weston dan Brigham: Menurut keduanya, manajemen keuangan adalah suatu fungsi yang mencakup pengelolaan sumber daya finansial organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Ini melibatkan pemilihan aset, pembiayaan, dan dividen.

  8. Van Horne dan Wachowicz: Kedua ahli ini menekankan bahwa manajemen keuangan adalah seni mengelola uang dalam konteks perusahaan. Ini mencakup pengambilan keputusan terkait investasi dan pendanaan yang mempengaruhi nilai perusahaan.

  9. Ezra Solomon: Solomon mendefinisikan manajemen keuangan sebagai pengelolaan keuangan yang baik dan pengaturan alokasi sumber daya keuangan. Ini melibatkan pengambilan keputusan mengenai investasi dan pembiayaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

  10. Ross, Westerfield, dan Jordan: Dalam bukunya yang terkenal, Ross, Westerfield, dan Jordan mendefinisikan manajemen keuangan sebagai ilmu keuangan yang mencakup konsep dan teknik-teknik dalam membuat keputusan keuangan. Ini mencakup penilaian risiko, alokasi sumber daya, dan manajemen likuiditas.

Penting untuk dicatat bahwa sementara definisi-definisi ini memiliki kesamaan dalam penekanannya pada pengelolaan uang dan pengambilan keputusan finansial, setiap ahli memiliki sudut pandang uniknya sendiri terkait dengan peran dan lingkup manajemen keuangan.

Terima kasih,

Tim RAJARAK.CO.ID, RAJARAKMINIMARKET.COM & RAJARAKINDONESIA.COM
0

No comments

Post a Comment

blogger
© all rights reserved
made with by templateszoo